Saturday 26 December 2015

Tips Menghindari Kemacetan Menuju Kawasan Pantai Gunungkidul

Macet Gunungkidul
Ilustrasi
             
             
                      Tips ini diperuntukan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai-Pantai di Kawasan Gunungkidul pada saat pergantian tahun .  Karena biasanya pada saat pergantian Tahun kunjungan wisata ke Pantai membludak , bahkan menimbulkan kemacetan yang parah ( 4 sampai 5 km ) . Kemacetan yang terparah sejauh ini dari pengalaman beberapa tahun lalu yaitu akses menuju ke Pantai Pulangsawal . Tapi mulai 2013 , dengan diberlakukannya jalan satu arah . Kemacetan ini bisa di atasi . Mobil wisatawan yang ingin menuju ke kawasan Pantai Tanjungsari,Tepus,Girisubo harus melewati jalan Pantai/Jalan Baron , dan tidak boleh melewati jalan TepusWonosari . Jalan Tepus –Wonosari hanya diperuntukan untuk arus balik wisatawan yang keluar dari kawasan Pantai . Meski begitu wisatawan masih bisa melewati jalan Tepus Wonosari , tapi dengan tidak melewati jalan yang sudah ditutup atau dijaga oleh Polisi . J


            Tips Menghindari Kemacetan Menuju Kawasan Pantai Gunungkidul :
1.    Datang Pagi Hari
Bagi wisatawan yang ingin , mengunjungi Pantai Kawasan Gunungkidul apalagi saat pergantian tahun usahakan datang pagi hari . Kenapa harus datang pagi , karena jalanan maih sepi . Setidaknya jam 06:00 WIB wisatawan sudah ada di Jalan Jogja-Wonosari . Bukan hanya jalanan masih sepi tapi , jika datang pagi hari sistem jalan satu arah kemungkinan belum diberlakukan . Jadi Wisatawan yang ingin mengunjungi Pantai Pulangsawal atau Pantai Sundak atau pantai dikawasan Girisubo , bisa lewat Jalan TepusWonosari tanpa harus melewati jalan kawasan Pantai Tanjungsari . Sebenarnya tidak harus Pagi , kalau hanya ingin menghindari macet , tapi datang pada malem atau sore hari juga bisa . Namun jika wisatawan datang sore atau malam hari , jalanan masih ramai untuk arus balik . Jadi jika nekat menerobos jalan satu arah akan sangat berbahaya . Apalagi jalan satu arah  kemungkinan malah masih diberlakukan pada malam hari . Itulh kenapa Pagi hari , adalah waktu paling tepat .

2.    Memilih Jalan Pintas
Hal ini mungkin adalah cara terbaik dalam menghindari macet , tapi mungkin wisatawan yang dari luar daerah masih kebingungan karena kurangnya pengetahuan arah jalan Pantai . Tapi Tenag , Jogjawisataabadi tahu jalan tikus , istilahnya .
(a)  Untuk Menghindari Pos Pertigaan Mulo
Karena pertigaan Mulo , arah Tepus mobil yang dari luar daerah tidak diperbolehkan lewat ,alhasil wisatawan harus melewati jalan Baron . Tapi tenang , jika wisatawan ingin langsung masuk dikawasan Tepus tanpa harus melewati jalan pantai Tanjungsari . Wisatawan bisa belok kiri , saat di perempatan RS Multazam . Nanti silahkan Tanya penduduk sekitar yang ramah-ramah , jalan tembusan ke Gua Ngingrong . Jika sudah sampai di kawasan Gua Ngingrong , wisatawan tinggal meneruskanperjalanan ke Tepus tanpa harus melewati Pos di Pertigaan Mulo .
(b)  Untuk Menghindari Pos Pertigaan Tepus
Jika wisatawan sudah bisa sampai Pertigaan Tepus . Jangan senang dulu karena , disinipun tidak boleh menuju ke kawasan Pantai . Disini juga berlaku sistem jalan satu arah . Tapi wisatawan tenang , karena banyak jalan menuju ke Pantai , tanpa harus melewati jalan pertigaan Tepus . Caranya , silahkan anda jangan berhenti di pertigaan Tepus , tapi berhentilah di 100meter sebelum ataupun setelah pertigaan Tepus . Nanti biasanya akan ada penduduk yang mengarahkan menuju jalan pintas pantai , dengan membayar uang seikhlasnya anda akan di anter sampai ke jalan Pantai  .





Itulah 2 Tips Menghindari Kemacetan Menuju Kawasan Pantai Gunungkidul , silahkan dipraktekan jika anda tidak ingin terjebak dalam kemacetan . Tapi untuk tips yang ke-2 , sebaiknya difikir ulang untuk menerobos Pos Penjagaan dan menerobos sistem buka tutup jalan . Karena sistem buka tutup ini , tujuannya untuk mengurai kemacetan . Jadi mari dukung , dan menaatinya  .

Sangat dianjurkan , wisatawan mengikuti Tips yang pertama J


Semoga Bermanfaat Salam JogjaWisataAbadi

No comments:

Post a Comment