Friday 25 December 2015

Pesona Pantai Pok Tunggal Gunungkidul

           
Pesona Pantai Poktunggal


           Pantai Pok Tunggal , sebuah pantai cantik yang terletak di kawasan Gunungkidul . Pantai yang mulai dibuka untuk wisata pada  Bulan Mei 2012 ini , secara teritori terletak di Desa Tepus , Kecamatan Tepus , Kabupaten Gunungkidul , Daerah Istimewa Yogyakarta . Poktunggal berbatasan dengan Pantai Watulawang di sebelah Barat dan Pantai Seruni desisi Timur .


            Keindahan pantai ini tidak usah diragukan lagi  . Pantai dengan pasir putih nan bersih ditambah lagi dengan batuan karang dan perbukitan karst memperindah Pantai  Pok Tunggal . Dipantai ini terdapat sebuah pohon langka , yaitu pohon Duras . Mungkin karena pohon Duras ini berdiri sendiri , makannya Pantai ini di beri nama Pantai Pok Tunggal ,Pok dalam Bahasa Jawa artinya tunas dan Tunggal yang berarti satu . Tapi ini juga belum pasti . J
           
            Menikmati sunset maupan sunrise di Poktunggal bisa wisatawan lakukan dengan mendaki sebuah bukit karang yang berada disisi Timur . Dibukit ini , watudengkeng  orang sana menyebutnya ,terdapat sebuah gubuk yang bisa wisatawan gunakan untuk istirahat sekaligus menikmati keindahan Pantai Poktunggal melalui ketinggian . Tidak hanya itu ,  watudengkeng  bisa digunakan untuk mendirikan tenda . Jadi jika ingin ngecamp  di poktunggal bisa dilakukan di pasir bibir pantai atau dari  watudengkeng . Kelebihan jika ngecamp  dari watudengkeng  wisatawan tidak perlu lagi mendaki bukit ini , saat ingin melihat sunrise .  

                Dengan hamparan pasir putih bersih yang luas . Wisatawan bisa bermain pasir ataupun air tanpa takut jika kunjungan yang membludak sehingga tidak kebagian tempat  . Di pinggir bibir pantai juga terdapat payung-payung yang bisa wisatawan gunakan untuk  berteduh , hanya dengan membayar Rp20,000 saja wisatawan sudah bisa menyewa payung-payung ini  . Tidak hanya untuk berteduh , jika wisatawan sedang bermain air , payung-payung ini bisa digunakan untuk menaruh barang bawaan yang dijamin keamanannya , tanpa harus menghawatirkan kehilangan .


            Akses untuk kepantai ini searah dengan Pantai Pulangsawal , dari Jogja ( ringroad utara/ketandan) , mengikuti jalan wonosari melewati Piyungan , Patuk , Sambipitu, Rest area Bunder , Hutan Wanagama , Playen . Sampai Playen ( Gedung serbaguna ) ambil kiri jalan cinta , samapi di perempatan TegalSari/Karangrejek ambil kanan Jalan Baron .Sampai pertigaan Mulo ambil kiri melewati Hutan Ngingrong , Hargosari , Bintaos . Samapi menemukan Pertigaan Tepus ambil kanan . Ikuti jalan ini , setelah Pos Retribusi sekitar 3 km akan menemui jalan masuk Pantai Pok Tunggal . Dari jalan masuk ini , jalanan coneblock  spot yang harus wisatawan lewati .
Jalan Masuk Poktunggal
Jalan Masuk Pantai Poktunggal


  
Courtesy  Fahrudin Febrianto dkk ( Multimedia , SMK 2 WONOSARI )



No comments:

Post a Comment