Tuesday 29 December 2015

Pesona Gunung Kukusan Magelang

Gunung Kukusan Magelang
Gunung Kukusan
     
       
            Puncak Gunung Kukusan terletak di Dusun Wonokerto, Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang,Provinsi  Jawa Tengah. Gunung ini masih satu kawasan dengan wisata Kebun Teh Samigaluh , namun sudah berbeda pengelola karena berbeda Daerah . Jika kebun Teh Samigaluh masih ikut dalam kawasan Kabupaten Kulon Progo ,sebaliknya Gunung Kukusan ini sudah masuk dalam kawasan wilayah Kabupaten Magelang , Jawa Tengah . Meski begitu wisataan hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit dari Kebun Teh Samigaluh untuk menuju ke Gunung Kukusan ,ini pun dilakukan dengan berjalan kaki .


          Gunung Kukusan mempunyai nama lain yaitu Gunung Kendeng . Menurut cerita yang beredar di masyarakat , penamaan Gunung Kendeng ini berasal dari masa Pangeran Diponegoro saat melakukan Gerilya . Saat itu ada seorang pengikut Pangeran Diponegoro yang melahirkan di bawah Gunung ini . Dan si jabang bayi ini diberi nama Pangeran Kendeng . Tapi naas , Pangeran Kendeng meninggal , dan dimakamkan di atas Puncak Gunung . Batu besar yang berada di puncak Gunung Kendeng , dipercaya sebagai nisan dari Pangeran Kendeng . Batu besar ini pun memiliki keunikan , jika batu besar ini di gulingkan menuju ke dasar gunung , keesokan harinya akan kembali ketempat semula tanpa ada yang membawanya .
 
Gunung Kukusan Magelang
Tempat Istirahat Di Puncak Gunung Kukusan 

Gunung Kukusan Magelang
Pemandangan Dari Puncak Gunung Kukusan

Gunung Kukusan Magelang
Pemandangan Dari Puncak Gunung Kukusan

          Puncak Gunung Kukusan berada di ketinggian   950 mdlp menawarkan pemandangan yang luar biasa . Dari puncak ini pula wisatawan bisa melihat 8 puncak Gunung yang terkenal di pulau Jawa ada Gunung Merapi,Gunung  Merbabu, Telomoyo, Andong, Ungaran, Sumbing, Sindoro, dan Prau Dieng . Jika cuaca sedang bersahabat , sunrise  ataupun sunset dapat terlihat sangat indah dari puncak Gunung ini . Dipuncak , wisatawan bisa bersantai di sebuah tempat duduk yang terbuat dari bambu .


Gunung Kukusan Magelang
Jalan Menuju Puncak Gunung Kukusan 

Gunung Kukusan Magelang
Jalan Menuju Ke Puncak Gunung Kukusan 

          Rute ke Gunung Kukusan dari Jogja :

Jalan Godean lurus sampai di trafficklight Kenteng belok ke kanan , ikuti jalan samapi ke daerah Ndekso . Tugu Ndekso ambil kiri , Sampai di Kecamatan Samigaluh , Polsek Samigaluh , Pasar Samigaluh lurus sampai menemukan pertigaan . Ambil kanan , dan ikuti jalan ini lurus saja . Karna sudah memasuki Daerah Desa Wisata Nglinggo . Setelah sampai di Kebun Teh Samigaluh , teruskan perjalan dengan jalan kaki . Kurang lebih 20 menit , akan sampai di Pos Retribusi untuk mendak ke Puncak Gunung Kukusan . Anda Cukup membayar Rp2000. 





                                          Salam Jogjawisataabadi

No comments:

Post a Comment