Thursday 17 December 2015

Pantai Ngeden Gunungkidul

Pantai Ngeden , salah satu pantai baru yang berada dikawasan Kabupaten Gunungkidul . Lebih tepatnya berada di Dusun Bedalo , Desa Krambil Sawit , Kecamatan Saptosari , Kabupaten Gunungkidul atau berada di  sebeah Timur Pantai Gesing .  Pantai ini sebenarnya sudah resmi di buka pada Bulan Februari 2015 yang lalu . Meski begitu belum banyak kunjungan wisatawan ke Pantai ini . Mungkin di sebabkan beberapa faktor , bisa karena promosi yang kurang sehingga informasi tentang pantai ini sedikit , bisa karena akses jalan yang agak sulit , atau karena fasilitas di pantai ini belum memadai .

Belakangan ini Pantai Ngeden sudah mulai berbenah , dengan di bangunnya gardu pandang tempat peristirahatan bagi wisatawan , area parkir yang bisa menampung kendaraan roda 2 maupun kendaraan roda 4 , dan sudah adanya warung makan sehingga wisatawan tidak usah repot-repot membawa makanan dari rumah .  Untuk akses ke Pantai ini sebenarnya tidak susah-susah amat , karena jalan menuju pantai ini sudah  aspal walaupun di beberapa titik ada yang sudah rusak dan juga dikombinasikan dengan jalanan cone blok ,jadi wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Ngeden tidak usah takut jika terjadi hujan khawatir jalanan akan becek ( Mungkin hanya licin ).

Pemandangan yang di tawarkan Pantai Ngeden sendiri seperti khas pantai – pantai lain di kawasan Gunungkidul  . Pantai yang masih alami  memiliki pasir putih dan bersih . Disini wisatawan bisa bermain air dan melihat biota-biota laut atau menikmati keindahan alam melalui gardu pandang yang ada . Dari sana kita bisa melihat ke hijauan pemandangan sekitar pantai .

Keindahan Pantai Ngeden dari Atas Tebing

Keindahan Pantai Ngeden dari bibir Pantai

Untuk wisatawan yang tertarik mengunjungi Pantai Ngeden ini , silahkan mengikuti Rute berikut , Rute ini saya buat dari Jogja ( Ringroad Timur dan Ringroad Selatan ) jadi bagi wisatawan yang dari daerah lain bisa menyesuaikan .

Rute dari Jogja ( Ringroad Timur ) : Dari kentungan mengikuti jalan Wonosari , melewati Piyungan- Patuk – Sambi pitu – Rest Area Bunder – Hutan Wanagama – sampai di pertigaan Gading ambil yang arah Kecamatan Playen atau arah Paliyan ( kekiri arah kota Wonosari ) . Ikuti jalan paliyan , pasar Playen ambil yang kana arah Paliyan . Ikuti jalan sampai ke Jalur Lintas Selatan , sampai menemukan makam Jeda , setelah melewati makam ada pertigaan Masjid Nurul Huda ambil yang kiri ikuti jalan tersebut sampai menemukan sebuah tugu. Sampai tugu ambil yang kiri , sampai sini sudah banyak petunjuk jalan yang siap mengarahkan wisatawan ke Pantai Ngeden .

Rute dai Jogja ( Ringroad selatan ) : Dari Ringroan selatan , memsuki jalan Imogiri , ikuti jalan itu sampai ke kabupaten Gunungkidul ( Kecamatan Panggang ) , sampai di Giriwungu , ikuti jalan sampai perempatan Legundi Girimulyo . Sampai disini ambil kiri arah Kecamatan Saptosari . Jika sudah menemukan MTS YAPPI Jetis , nanti akan ada pertigaan setelah Masjid Nurul Huda ambil kanan sampai menemukan Lapangan Ngloro lurus nanti ada pertigaan kekanan. Samapi ke pertigaan Ngejaman ambil kiri , nanti akan menemukan SMPN 2 Saptosri dan juga SDN Negeri Bibis , nanti akan menemukan pertigaan dan ambil yang kanan sampai sini sudah ada petunjuk jaan menuju ke pantai Ngeden .