Wednesday 16 December 2015

Pantai Kesirat Gunungkidul

Pantai Kesirat , pantai yang masih alami dan tentunya menawarkan keindahan yang luar biasa . Pantai ini  secara teritorial terletak di Desa Girikarto ,Kecamatan Panggang ,Kabupaten Gunungkidul ,Daerah Istimewa Yogyakarta.  Dan letaknya  berdekatan dengan kawasan Pantai gesing yang juga terletak di Kecamatan Panggang .

Pantai Kesirat , berbeda dengan pantai-pantai lain dikawasan Gunungkidul yang berpasir putih dan berombak sedang . Disini wisatawan tidak akan menemukan pasir untuk bermain atau sekedar berjemur . Tapi tenang wisatawan tidak akan dikecewakan oleh Pantai Kesirat , walaupun tidak memiliki pasir putih nan bersih . Tapi wisatawan bisa menikmati keindahan Pantai Kesirat dari atas tebing . Disini juga wisatawan bisa berjemur dan melihat sunset ataupun sunrise yang luar biasa indah . Dari atas tebing ini juga saat wisatawan berjemur bisa mendengarkan aluna indah  deburan ombak yang menabrak tebing  .

Pantai kesirat bisa dibilang adalah surganya para pemancing , karena disini banyak spot-spot yang luar biasa untuk dicoba .  Karena itu saat wisatawan berkunjung jangan heran jika banyak warga yang memancing dan memasang jaring untuk memancing Lobster .

Setahun sekali , di pantai ini diadakan Tradisi Brubuh-Brubuh . Biasanya diadakan setelah musim panen tiba . Tradisi ini diadakan sebagai wujud terimakasih kepada Tuhan Ynag Maha Esa atas panen yang ada .

Pantai Kesirat

Pantai Kesiarat

Jika wisatawan tertarik untuk mengunjungi Pantai Kesirat bisa mengikuti Rute berikut : Dari Ring Road melewati Jalan Wonosari  sampai  Piyungan lanjutkan perjalanan samapi Sambipitu ikuti jalan Wonosari ini sampai  pertigaan Lanud TNI AU Gading ke kanan arah Playen sampai  Perempatan setelah Pasar Playen ke kanan terus belok ke kiri atau selatan menuju arah Paliyan terus saja sampai menemukan  Pertigaan Pasar Paliyan belok ke kiri sampai Pertigaan ke kanan (selatan) sampai Puslatpur TNI AD  sampai Pertigaan ke kanan menuju Saptosari sampai menemukan  Lapangan Saptosari  Pertigaan setelah SDN 1 Jetis ke kiri arah pantai Gesing dan Kesirat saat samapi Pertigaan ambil kanan menuju Girikarto dan ikuti sampai Desa Girikarto lurus hingga menjumpai pertigaan ke kiri menuju Padukuhan Nglaos  ikuti saja terus jalan itu nanti  ada pertigaan lagi ke kanan dan  diakhir perjalan anda akan bertemu dengan Pantai  Kesirat .

Atau jika Wisatawan ingi jalur yang lebih cepat bisa leawat dari Jogja ( Ringroad Selatan )  menuju  Imogiri  sampai ke Panggang melewati Jalan Panggang Saptosari samapi menemukan  Pertigaan dan setelah MTS Yappi Jetis dan Masjid Nurul Huda ke kanan arah pantai Gesing dan Kesirat di Pertigaan ke kanan menuju Girikarto  sampai Girikarto lurus hingga menjumpai pertigaan ke kiri menuju Padukuhan Nglaos dan ikuti saja terus jalan, ada pertigaan lagi ke kanan nanti di akhir jalan bertemu dengan Pantai  Kesirat.