Monday 30 November 2015

EMBUNG SRITEN

Tentang Argo Embung Batara Sriten
 Argo Embung Batara Sriten atau yang lebih dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Embung Sriten adalah salah satu destinasi wisata yang terletak dikawasan Gunungkidul , Yogyakarata . Embung Sriten biasa masyarakat menyebutnya merupakan sebuah Telaga Buatan yang terletak di puncak bukit . Karna letaknya yang berada di puncak bukit, Embung Sriten menjadi Embung tertinggi di Yogyakarta . Tujuan awal pembanguna Embung ini sebenarnya untuk mencegah kelangkaan air sekaligus untuk pengembangan kawasan agrowisata buah di sekitarnya , seperti kelengkeng , manggis , durian,dan sirsak dengan memanfaatkan air hujan yang ditampung di musim penghujan .


Indahnya Pemandangan Embung Sriten
          Jalan Con Blok ,tanjakan yang curam dan  berliku harus dilalui untuk melihat keindahan Embung Sriten . Tapi rasa lelah setelah menempuh itu semua akan terbayar lunas ketika Wisatawan mencapai puncak Sriten .  Disana Wisatawan akan disuguhi pemandangan telaga buatan dengan Background awan dan hutan yang menghijau ( Jika musimpenghujan ) . Jika masih belum puas sampai Puncak Sriten , wisatawan bisa mendaki Puncak Tugu Magir , yang berada di sisi Timur . Puncak Tugu Magir sendiri adalah puncak tertinggi di Gunungkidul . Dari Puncak Tugu Magir ini wisatawan bisa melihat Kota Klaten , Jogja, Wonogiri , dan Nglipar . Saat malam tiba , terlihat keindahan lampu-lampu kota yang terlihat seperti bintang dilangit .
                Sunrise dan Sunset , jika tidak terhalang cuaca keduanya akan terlihat jelas dan sangan indah di Embung Sriten . Ditambah saat pagi tiba , gumpalan-gumpalan kabut yang menyejukkan menambah keindahan embung sriten seperti negeri diatas awan  .


Akses Lokasi  ( Perjalanan menuju Embung sriten )
                Embung Sriten terletak di Bukit Sumilir, Dusun Sriten ,Kelurahan Pilangrejo , Kecamatan Nglipar , Kabuapaten Gunungkidul . Jika Wisatawan dari Yogyakarta , setelah Ringroad ikuti saja Jalan Wonosari nanti di Patuk anak disambut Tugu Selamat datang Gunungkidul . Sesampainya di pertigaan Sambipitu /Nglipar ambil yang kiri ( kekanan Kota Wonosari dana rah pantai ) . Wisatawan ikuti saja jalan hingga nanti akan sampai menemukan Balai Kelurahan Pilangrejo di ruas jalan Ngawen-Nglipar , setelah itu belok kiri dan ikuti jalan aspal plus con blok atau  Setelah Balai Desa Pilangrejo , ikuti saja penunjuk arah ke Embung Sriten . Dan Samapailah Wisatawan di Embung Batara Sriten .
                Sedikit Catatan bagi Wisatawan yang ingin berkunjung ke Embung Sriten , pastikan jika kendaraan yang anda pakai dalam kondisi baik atau Prima . Terlebih jika wisatawan menggunakan kendaraan bermotor berjenis matic , pastikan rem anda baik. Tak adanya engine brake pada motor matic membuat rem adalah senjata utama pengendara  sehingga membuat motor matic mengalami over heating ( pemanasan berlebihan ) pada disc brake (rem cakram )  .


                Jika Wisatawan butuh  Paket Wisata Domestic maupun Mancanegara , kami menyediakannya  .

Wisatawan bisa mengunjungi Website kami di Jogjawisataabadi.co.id/

No comments:

Post a Comment