Friday 27 November 2015

Arum Jeram Sungai Elo

Sungai Elo , Magelang
Magelang , jika berbicara tentang salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah ini pasti yang terlintas di benak anda adalah Candi Borobudur, Candi yang diperkirakan berdiri sejak 750 Masehi . Namun selain Candi Borobudur , Kota Magelang  mempunyai banyak tempat wisata yang sudah terkenal  dikalangan wisatawan seperti Candi Mendut, Taman Kyai Langgeng, atau  Ketep pas merapi . Tapi ada satu lagi  Wisata Magelang yang patut Anda coba , yaitu arum jeram di sungai Elo .
Sungai Elo hampir dapat di kunjungi setiap musim. Trip ini cukup cocok untuk pemula, karena jeram-jeram yang di miliki sungai Elo hanya  kelas II sampai dengan III, panjang pengarungan sejauh 10 sampai 11 km dengan waktu tempuh 2 sampai 2,5 jam.  Pemandangan sungai yang indah dan jeram-jeram yang mengasyikkan yang mampu menggoncang goncang perahu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk menghilangkan penat dari kebisingan kota. Lokasi sungai Elo terletak di Kabupaten Magelang yang beralamat lengkap di desa Pare, Blondo kelurahan Mungkid, Jawa Tengah. Sungai Elo sangat dekat dengan obyek wisata seperti Candi Mendut dan Candi Borobudur. Untuk jarak tempuh bila anda dari kota Jogjakarta adalah sekitar 40 menit .


Foto oleh Agus Sunarto

Jika Anda ingin mencoba arum jeram di sungai Elo kami memiliki tips dalam memilih operator arung jeram Sungai Elo.  Beberapa hal yang perlu di diperhatikan  yaitu:
  1. Pastikan anda didampingi oleh Provider / Operator arung jeram yang berbadan hukum atau resmi dan profesional. Baik juga mempertimbangkan Track record / pengalaman provider. Semakin berumur tentu lebih berpengalaman & mengenali medan.
  2. Pastikan Provider / operator pilihan anda menerapkan standar operasional prosedure yang benar dan seusuai peraturan internasional.
  3. Peralatan yang baik dan tentunya Standart (tidak rapuh/ rusak)
  4. Pemandu yang professional .
  5. Adanya tim rescue.
  6. Asuransi.
  7. Harga dan fasilitas.
Jangan sampai terkecoh dengan harga murah tapi mengesampingkan keamanan. Dan pilihlah trip arung jeram yang sesuai dengan kemampuan anda.


No comments:

Post a Comment