Tuesday 1 December 2015

Indahnya Bunga Amarilis yang Bernasib Tragis



                Dua minggu terakhir  ,Yogyakarta sedang dihebohkan oleh adanya kebun Bunga Amarilis ( Hippeastrum ) yang terletak di Dusun Ngasem Ayu , Desa Salam , Kecamatan Patuk , Kabupaten Gunungkidul ( 300 meter dari Polsek Patuk ,sebelum Kali Pentung ) . Kebun Bunga ini mendadak terkenal karena foto-fotonya banyak terpampang di media sosial seperti Facebook,Twitter,Instagram, Path,dan Blackberry Massanger .  Menurut sang pemilik kebun ,Bapak Sukadi  , dirinya awalnya hanya iseng . Dirinya sebenarnya adalah penjual kelapa di sekitar jalan Jogja-Wonosari ,lalu ada pengguna jalan yang melintas yang tertarik dengan Bunga Amarilis miliknya  dan membeli bunga amarilis tersebut . Setelah itu Bapak Sukadi bersama keluarganya berinisiatif untuk menanamnya ( Bunga Amarilis )  di sekitar kebun miliknya .
              

                                                              Keindahan Bunga Amarilis



                                                         Keindahan Bunga Amarilis 


           
Aksesnya yang mudah ,membuat Kebun Bunga Amarilis ini cepat  mendapat ratusan pengunjung .  Kebanyakan dari wisatawan datang ke Kebun milik Bapak Sukadi ini untuk berfoto Selfie atau Groofie . Untuk masuk ke kebun Bunga Amarilis  ini juga tidak di pungut biaya , wisatawan cukup membayar uang sukarela untuk biaya perawatan kebun  .  Tapi sebaiknya wisatawan jika ingin datang ke kebun ini disaran kan datang pada siang hari saat bunga mekar-mekarnya .

               
Namun Sayang , Kebun Bunga Amarilis yang indah itu kini tinggal cerita . Karena Banyaknya wisatawan yang datang dan entah sengaja atau tidaak sengaja menginjak Bunga yang indah itu . Di media sosial seperti Facebook dan Instagram kini sedang rame meme tentang bunga Amarilis ini . Dan Akun Facebook bernama Riany Putri Chaisar( telah berganti nama )  dan akun Instagram benama hestisundari_ (sekarang akun di privasi ) , menjadi  sasaran cemoohan para netizen karena statusnya di jejaring media sosial tersebut .

                                         Caption hestisundari_ yang membuat geram Netizen



                                        Status Riany Putri Chaisar yang membuat geram netizen 


                Tapi entah siapa yang patut disalahkan untuk kerusakaan kebun Bunga Amarilis ini . Sang pemilik Kebun , Bapak Sukadi ketika ditanya , Beliau mengaku ikhlas walaupun kebun miliknya rusak .    
                                                         meme tentang bunga Amarilis


                                                        meme tentang bunga amarilis 

                Harusnya , sebagai wisatawan yang baik , ikut melestarikan atau menjaga keindahan alam tersebut bukan malah merusak . Sahsah saja jika kita sebagai wisatawan untuk berfoto dengan  objeknya ( Bunga Amarilis )  , tapi dengan catatan kita tidak merusak objek tersebut . Dalam kasus Bunga Amarilis ini , harusnya wisatawan tidak menginjak bunga tersebut . Ini sekaligus menjadi pembelajaran , agar tahun depan saat bunga ini mekar lagi , wisatawan lebih berhati-hati saat berkunjung ke kebun ini .  


No comments:

Post a Comment