Wednesday 2 December 2015

Puncak Kosakora

Puncak Kosakora , mungkin masih asing terdengar di telinga kita . Tapi itu beberapa bulan yang lalu ,alias sudah tak berlaku lagi untuk sekarang ,apalagi bagi anda yang suka berwisata .  Puncak Kosakora sendiri adalah hamparan padang rumput yang berada dipuncak bukit . Secara Teritorial, Puncak Kosakora berada di Desa Banjarejo , Kecamatan Tanjungsari , Kabupaten Gunungkidul . Puncak Kosakora berada persis di samping Pantai Ngrumput , dan berjarak sekitar 2km dari Pantai Drini ( Timur Pantai drini ) . Untuk sampai ke Puncak Kosakora ,wisatawan harus berjalan sekitar 800 m dari tempat parkir melewati jalan setapak dan sawah – sawah warga . Tapi dijamin walaupun  berjalan sekian kilometer , rasa lelah wisatawan  akan terbayar oleh pemandangan indah pantai Ngrumput dan Puncak kosakora .

Bagi wisatawan yang penasaran dengan pemandangan Puncak Kosakora , disarankan untuk datang pada pagi hari atau sore hari . Karena pada saat itulah pemandangan di kosakora sedang bagus – bagusnya , disamping itu jika datang di siang hari pasti wisatawan akan merasa tidak betah berama-lama karena rasa panas yang menyengat . Datang pagi untuk menikmati sunrise , atau datang sore untuk menikmati sunset . Dua hal yang menjadi daya tarik dari Puncak kosakora selain pemandangan hamparan pantai Selatan dan hamparan rumput yang menghijau di musim penghujan . Wisatawan yang ingin ke Puncak kosakora cukup merogoh kocek Rp6000 untuk anda yang mengendarai mobil , perinciannya Rp4000 untuk biaya parkir kendaraan dan Rp2000 untuk membayar retribusi naik ke puncak kosakora (per Pax)  ,  dan bagi anda yang menggunakan sepeda bermotor cukup merogok kocek Rp4000 . Di puncak kosakora sendiri diperbolehkan untuk Camping , dan disana juga disewakan tenda ,jadi anda yang berkeinginan untuk bermalam di puncak kosakora tidak perlu repot-repot membawa tenda . Harga untuk tenda yang kecil Rp60.000 dan Rp100,000 untuk tenda yang berukuran lebih besar .
Bukit Puncak Kosakora

Puncak Kosakora pada sore hari

Jalan menuju ke Kosakora , jika anda dari Yogya ikuti Jalan Jogja – Wonosari . Setelah sampai di Playen tepatnya di pom bensin playen ambil arah Tepus / Tanjungsari ( belok Kekanan ) . Perempatan Traffic Light Karangrejek ambil Kanan ( Jalan baron ) . Pertigaan Desa Mulo ambil kiri ( arah tepus / Pulangsawal ) . Pertigaan Tepus ambil kanan ( arah Pulang sawal ) , ikuti jalan pantai sampai melihat penunjuk jalan masuk Pantai Drini .  Ikuti Penunjuk jalan tersebut , sebelum sampai di Pantai Drini ada Tempat parkir . Dan itulah tempat parkir untuk ke Puncak Kosakora .

Semoga membantu , anda dalam menemukan referensi tempat wisata di Jogja .